Rabu, Februari 11, 2009

posisi aman dan nyaman saat mengemudi


Jangan meremehkan posisi mengemudi anda, karena ternyata hal tersebut bisa cukup berpengaruh terhadap kesehatan dan tentunya kenyamanan dalam berkendara. Sikap mengemudi yang baik memudahkan anda mengontrol kendaraan dengan lebih sempurna, hingga selain faktor kenyamanan dan kemudahan, dari segi faktor keamanan pun akan semakin terjaga pastinya. So, berikut tips/saran mengenai bagaimana posisi berkendara yang baik :
Hindari gaya menyetir dengan model badan merebah. Gaya menyetir seperti itu kurang baik karena refleks tangan jadi tak lincah.
Saat menyetir sebaiknya tangan jangan lurus tetapi membentuk siku. Itu membuat Anda punya tenaga yang cukup kuat untuk mengontrol kemudi.
Duduklah dengan lutut membentuk sudut 110 derajat. Dengan posisi tangan dan kaki seperti itu selain melemaskan otot juga memberi jarak pandang jadi lebih jauh.
Perhatikan peletakan tangan yang benar di setir. Sebaiknya tangan kanan pada posisi jam 3, sedang tangan kiri pada posisi jam 9.

Selanjutnya, untuk melakukan perputaran setir saat membelok, area tangan kanan hanya boleh bergerak dari jam 11 sampai jam 6. Sedangkan tangan kiri dari jam 6 sampai arah jam 1. Jangan pernah mengemudi tanpa menggunakan alas kaki apalagi meletakkan alas kaki di bawah jok. Hati-hati saat menginjak pedal rem atau kopling jangan sampai tersangkut sepatu.

http://www.otomotifnet.com/otoforum/showthread.php?t=909


Tidak ada komentar: